Nama Calon Guru : Muhamad Arisma
Materi Pokok : Uang
Kelas/Sekolah : Pendidikan Ekonomi SMT VI A
Waktu : 15 Menit
Standar Kompetensi :
1. Mengerti Pengetian Uang
2. Memahami Sejarah Uang
3. Memahami Jenis-jenis Uang
Kompetensi Dasar :
1. Kemampuan siswa dalam menganalisis pengertian,sejarah dan jenis uang.
Kemampuan menganalisis permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan
Indicator :
1. Siswa dapat mengerti apa itu uang
2. Siswa dapat memhamai tentang sejarah uang
3. Siswa dapat memahami jenis-jenis uang
A. Uraian Singkat Materi
a. Pengertian Uang
Uang merupakan alat tukar dan alat pembayaran yang sah. pada masa-masa sebelumnya, pembayaran dilakukan dengan cara barter, yaitu barang ditukar dengan barang secara langsung.
b. Sejarah Uang
Pada jaman dahulu, jual beli dilakukan dengan sistem barter. Barter adalah perdagangan yang dilakukan dengan cara tukar menukar barang, setelah barter orang mulai menggunakan alat pembayaran yang disepakati.
Sebelum menggunakan uang, orang menggunakan barang yang tertentu sebagai alat pembayaran, misalnya kulit kerang, mutiara, batu permata, tembaga, emas, perak , manik-manik, dan gigi binatang.
Pada zaman modern uang digunakan sebagai alat pembayaran. dengan menggunakan uang, manusia berusaha memenuhi kebutuhannya.
c. Jenis-Jenis Uang
Jenis-Jenis uang di bagi menjadi dua yaitu:
- Uang kartal
Uang kartal adalah uang yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam kehidupan sehari-hari. Uang kartal berupa uang logam dan uang kertas, mata uang negara kita adalah Rupiah, uang pertama yang dibuat oleh Indonesia adalah Oeang Republik Indonesia.
Lembaga yang bertugas dan mengawasi peredaran uang rupiah adalah Bank Indonesia, sedangkan perusahaan yang mencetak uang rupiah adalah Perum Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia).
- Uang Giral
Uang giral adalah surat berharga yang dapat diuangkan di bank atau dikantor pos. Contoh uang giral, cek, giro pos, wesel dan surat berharga.Uang giral biasanya digunakan untuk transaksi dengan nilai uang yang sangat besar.
Kegunaan uang ialah Uang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, alat penukar, alat penentu harga, dan dapat pula di tabung.
Dibawah ini adalah daftar mata uang di dunia yang berlaku saat ini, diantaranya sebagai berikut :
Abbesinia : Dollar Afghanistan : Afgani
Afrika Selatan : Rand Afrika Tengah : Franc
Albania : Lek Aliazair : Dinar
Amerika Serikat : Dollar Angola : Kwanza
Argentina : Peso Australia : Dollar
Austria : Shilling Bangladesh : Taha
Belanda : Gulden Belgia : Franc
Bolivia : Boliviarnus Brazil : Cruzeiro
Brunei Darussalam : Dollar Bulgaria : Lev
Canada : Dollar Cekoslovakia : Koruna
Ceylon : Rupee Chad : Franc
Chili : Peso Cina : Yuan
Denmark : Krone Dominika : Peso
EI Salvador : Kolon Emirat Arab : Dirham
B. Keterampilan Membuka Pelajaran
a. Menarik perhatian dan menimbulkan motivasi
Untuk menarik perhatian anak didik dapat dilakukan dengan mengubah gaya mengajar guru. Seperti: guru biasa berdiri didepan diubah menjadi dibelakang, suara yang biasa keras diubah menjadi suara yang pelan dan bercerita. Juga penggunaan alat bantu/ media pengajaran, dan variasi pola guru dengan anak didik. Contoh : guru biasa melaksanakan proses interaksi edukatif dalam kelompok besar/kelas, diubah dalam bentuk kelompok kecil/individual dan sebagainya.
b. Memberi acuan dan membuat kaitan
Membuat kaitan atau hubungan diantara materi-materi sebaiknya disesuakan dengan pengalaman dan pengetahuan yang telah dikuasai anak didik. Lain halnya dengan memberi acuan, dapat diusahakan melalui berbagai usaha seperti mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas, menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan mengingat masalah pokok yang akan dibahas dan mengajukan pertanyaan-partanyaan.
C. Keterampilan Menjelaskan
1. Menerangkan
2. Menyajikan Suatu Penjelasan
3. Pemberian Tekanan
4. Balikan
D. Ket. Penggunaan dan Pemilihan Metode dan Media
1. Contoh-contoh uang (Gambar)
Agar siswa mengetahui beberapa contoh dari uang selain Rupiah
2. Spidol
Mempermudah guru dalam menjelaskan materi
3. Whiteboard
Menulis yang penting yang harus di ketahui oleh siswa
E. Keterampilan Memberikan Pengaturan
F. Keterampilan Mengadakan Variasi
a. Variasi Media Pandang
Penggunaan contoh bahan ajar
b. Variasi Media Taktil
Memberikan kesempatan siswa untuk menggunakan bahan ajar
c. Variasi Pola Interaksi
G. Keterampilan Mengelola Kelas
a. Kehangatan dan Keantusiasan
b. Tantangan
c. Bervariasi
d. Keluwesan
e. Penekanan pada hal-hal positif
f. Penanaman disiplin diri
H. Keterampilan Bertanya
a. Pemindahan giliran siswa untuk menjawab
b. Memberikan waktu untuk befikir kepada siswa
c. Guru tidak menjawab sendiri pertanyaanya
I. Menutup Pelajaran
- Merangkum/membuat garis-garis besar persoalan yang baru dibahas
- Mengkonsolidasikan perhatian anak didik pada hal-hal pokok oleh pembelajaran yang bersangkutan
- Mengorganisasi semua kegiatan atau pelajaran yang telah dipelajari sehingga merupakan suatu kebutuhan yang beerarti dalam memahami materi yang baru dipelajari.
- Memberi ajakan agar materi yang baru dipelajari jangan dilupakan serta dipelajari kembali dirumah.
0 komentar:
Posting Komentar